Pendahuluan: Motivasi belajar mahasiswa masih menjadi persoalan yang penting untuk ditingkatkan. Pada masa pandemi bahkan sampai post-pandemi saat ini, pembelajaran jarak jauh sudah menjadi kebiasaan baru bagi mahasiswa keperawatan demi tetap mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa metode yang dapat digunakan diantaranya adalah model pembelajaran Cooperative Learning Team Game Tournament dan e-Gallery Walk. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar jarak jauh yang mempengaruhi keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Online Team Game Tournament dan e-Gallery Walk dalam meningkatkan motivasi belajar jarak jauh mahasiswa keperawatan. Metode: merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen (posttest only with control group design) Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti model pembelajaran Online Team Game Tournament dan e-Gallery Walk. Sampel berjumlah 22 yang didapatkan dengan teknik purposive sampling yang terbagi menjadi dua kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen motivasi belajar mahasiswa. Hasil: dengan analisis independent T-Test menunjukkan nilai p value 0.112 atau p value < 0.05 yang menunjukkan tidak ada perbedaan motivasi belajar pada model pembelajaran E-Gallery walk dengan model pembelajaran Online Team Game Tournament. Nilai signifikansi Levene’s test 0.770 yang berarti varians data kedua kelompok sama. Motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem informasi keperawatan dengan materi telenursing sebagian besar pada kategori baik setelah melalui proses pembelajaran dengan model e-Gallery walk maupun Online Team Game Tournament. Kesimpulan: kedua metode ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Model e-Gallery walk dan Online Team Game Tournament ini dapat menjadi pilihan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
Copyrights © 2024