ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 13, No 3 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Cooperative Script Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Telaumbanua, Ammi Al-Habiby (Unknown)
Adisaputera, Abdurahman (Unknown)
Saragi, Daulat (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas bahan ajar berbasis Model Cooperative script pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas III SDN 014667 Air Genting, Kabupaten Asahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, validasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Model Cooperative script: 1) Valid sesuai dengan penilaian ahli materi dan ahli media, 2) Praktis dengan kemudahan penggunaan sebesar 88,08%; serta 3) Efektif dengan ketuntasan belajar sebesar 96,67%. Disimpulkan bahwa, produk pengembangan berupa bahan ajar berbasis Model Cooperative script pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar telah memenuhi tiga kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif.Keywords: Bahan ajar, cooperative script, sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...