Penelitian ini membahas tentang karakteristik pola pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin, dengan menyoroti metode pengajaran, kurikulum, serta dampaknya terhadap masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dan selanjutnya dianalisis secara induktif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa karakteristik pola pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin menunjukkan betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk peradaban Islam. Metode pengajaran yang bervariasi, kurikulum yang komprehensif, serta peran sentral masjid dan institusi pendidikan formal, semuanya berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan moralitas dalam masyarakat. Dampak pendidikan yang diterapkan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin masih terasa hingga saat ini, yang menunjukkan kekuatan dan relevansi pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Kata Kunci: karakteristik pola pendidikan; pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw; pendidikan pada masa Khulafa' Ar-Rasyidin.
Copyrights © 2024