Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan

Pengaruh Instructional Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif

Jajat Imanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh instructional scaffolding terhadap kemampuan menulis tesk deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif one group pre-test-post test design Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah sebanyak 20 siswa kelas 8 SMP Candra Jaya Jakarta. Instrumen peneltian ini menggunakan test yang terdiri dari pretest dan postest. Hasil pretest dan posttest menunjukan terdapat peningkatan dalam nilai menulis teks deskriptif. Ini dibuktikan dari hasil rata rata nilai pre-test 59,75, meningkat menjadi 65,25 nilai rata-rata post-test. Dari hasil penghitungan t-test diperoleh nilai t-hitung sebesar 4.221 sedangkan t-table dengan taraf signifikansi 0.05 sebesar 1.725. dengan demikian nilai t-hitung 4.221 lebih besar dari t tabel 1.725 maka H0 ditolak dan Ha diterima, itu bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi instrucitonal scaffolding terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jfkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & ...