Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PUTUSSIBAU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dharma, Yokie Prasetya (Unknown)
Ilam, Agustina Bunga (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng menggunakan media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media gambar seri dalam proses belajar menceritakan kembali isi dongeng berjalan dengan baik dan lancar, serta siswa merespon proses belajar dengan baik. Hasil tes menunjukkan bahwa media gambar seri mampu meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa  kelas VII SMP Negeri 3 Putussibau. Siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebesar 30% dengan rata nilai kelas sebesar 75,2, sedangkan pada siklus II meningkat hingga 100% siswa yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 90,2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 3 Putussibau Tahun Pelajarn 2016/2017. Kata Kunci: Media Gambar Seri, Dongeng, Bercerita

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...