Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis naskah drama sebagian besar siswa tidak mencapai nilai KKM di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sekadau Hulu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media cerita rakyat untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan media cerita rakyat, mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media cerita rakyat untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sekadau Hulu yang terdiri dari 20 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapanpengumpulan data,reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa di kelas pada siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II sehingga dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat baik, peningkatan rata-rata skor kemampuan menulis naskah drama siswa dari 73 menjadi 90,25 pada siklus II sehingga tergolong sangat baik dan mengalami peningkatan sebesar 30%, respon siswa sangat positif atau sangat baik dalam pembelajaran dengan menggunakan media cerita rakyat.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita rakyat dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sekadau HuluTahun Pelajaran 2022/2023Kata Kunci: Menulis, Naskah Drama, Media Cerita Rakyat
Copyrights © 2023