Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah suatu usaha yang dilakukan Kepala Sekolah untuk mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakan bahkan memberdayakan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak terkait untuk bekerja atau berperan aktif dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Kualitas pendidikan dalam artikel ini adalah kemampuan sistem pendidikan dalam mengelola dan memproses pendidikan secara berkualitas dan efektif untuk meningkatkan nilai tambah dan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas. sehingga kebutuhan konsumen dan kepuasan pelanggan terpenuhi. Manajemen kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di suatu organisasi sekolah. Dalam penulisan ini, digunakan pendekatan metode penelitian perpustakaan,(Library Research) yang melibatkan penyelidikan atas suatu permasalahan dengan mempertimbangkan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai cara untuk mencari solusinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan . (2) Kepemimpinan Kepala Sekolah yang ideal memberikan pengaruh bagi meningkatnya kualitas pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.
Copyrights © 2024