Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 1 No. 1 (2022): June

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar

Martiasari, Asih (Unknown)
Kelana, Jajang Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui skenario dan implementasi penerapan pembelajaran, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampelnya adalah siswa Kelas 5 Paladium SD Islam Cendekia Muda yang berjumlah 20 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari respon siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah positif sebesar 77,45% . Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata siswa 89,0 (baik sekali) yang berarti adanya peningkatan pemahaman konsep matematis dengan ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang yaitu dengan media manipulatif dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  adalah tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...