Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 1 No. 1 (2022): June

Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar

Jaya, Greesla Anggera (Unknown)
Kelana, Jajang Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Salah satu materi dalam pelajaran matematika di sekolah dasar yang sering menjadi masalah bagi siswa adalah  pecahan.  Siswa  sering kesulitan  dalam  memahami  pemecahan masalah terutama  dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui ketercapaian peningkatan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning  berbantuan bar moddeling untuk siswa  sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil pembelajaran matematika terhadap pemecahan masalah tentang konsep pecahan menggunakan bar modelling  dengan  beberapa  tahapan  penelitian.  Diantaranya adalah  pemberian  materi  ajar  sesuai skenario pembelajaran dengan menggunakan bar modelling, evaluasi akhir berupa tes tertulis yang diperoleh masing-masing siswa dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, hail penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDK Yahya memiliki respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan bar modelling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...