Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 2 No. 2 (2023): December

Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah

Nenditha, Inthan (Unknown)
Bayu Kelana, Jajang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran, wawancara dengan guru kelas IV Pondok Pesantren SD Al-Basyariah, serta versi publikasi. Bahwa penggunaan media pembelajaran IPA kurang bervariasi, hanya menggunakan media cetak guru dan buku siswa. Itulah salah satu wawasan mendalam kelas bumi siswa kelas IV Albasyariah. Maka dari itu untuk memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang berjilbab dan dapat menarik minat siswa terhadap sumber energi, perubahan bentuk energi dan energi alternatif di kelas iv sdyariah, dimana media powerpoint bersifat interaktif. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan menggunakan sepuluh langkah sesuai dengan borg and gall. Media pembelajaran tersebut dapat disebarluaskan dan juga digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kelayakan yang dilakukan pada tahap penelitian dan terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan tes menghasilkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dan media pembelajaran menjadi sangat sesuai, dengan demikian media pembelajaran powerpoint interaktif dapat digunakan pada empat pembelajaran IPA dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...