Berdasarkan observasi pembelajaran, wawancara dengan guru kelas IV Pondok Pesantren SD Al-Basyariah, serta versi publikasi. Bahwa penggunaan media pembelajaran IPA kurang bervariasi, hanya menggunakan media cetak guru dan buku siswa. Itulah salah satu wawasan mendalam kelas bumi siswa kelas IV Albasyariah. Maka dari itu untuk memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang berjilbab dan dapat menarik minat siswa terhadap sumber energi, perubahan bentuk energi dan energi alternatif di kelas iv sdyariah, dimana media powerpoint bersifat interaktif. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan menggunakan sepuluh langkah sesuai dengan borg and gall. Media pembelajaran tersebut dapat disebarluaskan dan juga digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kelayakan yang dilakukan pada tahap penelitian dan terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan tes menghasilkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dan media pembelajaran menjadi sangat sesuai, dengan demikian media pembelajaran powerpoint interaktif dapat digunakan pada empat pembelajaran IPA dasar.
Copyrights © 2023