Penelitian ini datang dari adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran menyimak bahasa Jepang pada mata kuliah Shochuukyuu Choukai di STBA JIA. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui gambaran kemampuan menyimak bahasa Jepang dengan menggunakan strategi self regulated learning (SRL). Penelitian dilakukan melalui tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrument soal tes formatif dan soal angket. Berdasarkan hasil tes formatif, terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas, dari rata-rata nilai awal 49.29 menjadi nilai 78.64. Kemampuan menyimak bahasa Jepang mahasiswa setelah dilakukan tindakan, tidak ada lagi mahasiswa yang memiliki nilai D (kurang). Sedangkan dari hasil angket diketahui responden merespon dengan positif terhadap penggunaan strategi SRL pada pembelajaran Choukai. Penggunaan startegi SRL telah meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jepang para mahasiswa. Tidak hanya menyimak, strategi SRL ini dapat diterapkan juga pada pembelajaran lainnya.
Copyrights © 2023