Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2024): Februari-Mei 2024

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Humanistik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Pradana Gita Anggraini (Unknown)
Uli Makmun Hasibuan (Unknown)
Adinda Salsabila (Unknown)
Irna Tri Aulia Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok yang menggunakan teknik humanistik untuk mendorong siswa untuk belajar lebih banyak. Dengan fokus pada pendekatan humanistik yang memperhatikan aspek psikologis dan emosional individu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak positif teknik humanistik dalam bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini melibatkan penerapan teknik humanistik dalam layanan bimbingan kelompok kepada siswa pada jenjang sekolah menengah, kemudian dilakukan evaluasi terhadap perubahan motivasi belajar siswa setelah mengikuti program bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode humanistik dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan keinginan siswa untuk belajar, tercermin dari peningkatan partisipasi, keterlibatan, dan minat terhadap pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang keterkaitan antara teknik humanistik dalam bimbingan kelompok dan motivasi belajar siswa, serta memberikan dasar bagi strategi pengembangan bimbingan yang lebih luas dan berkelanjutan di lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan layanan bimbingan kelompok dan dorongan siswa untuk belajar di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...