Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2024): Februari-Mei 2024

Peran Profesi Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Psikologis Siswa

Widya Anggraini Putri (Unknown)
Uli Makmun Hasibuan (Unknown)
Annisa (Unknown)
Sri Rezeki (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran profesi bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah psikologis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun hasil penelitian ini adalah ini secara jelas menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa di sekolah dasar. Dengan membantu siswa mengelola emosi, meningkatkan self-efficacy, mengembangkan keterampilan sosial, dan belajar strategi koping yang efektif, program bimbingan konseling berpotensi menghasilkan generasi siswa yang lebih seimbang secara emosional dan lebih mampu mengatasi tantangan hidup. Selain itu, kolaborasi yang baik antara guru bimbingan konseling, siswa, dan orang tua sangatlah penting dalam memastikan efektivitas program ini dan pengembangan kesejahteraan psikologis yang optimal bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...