Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk melihat kelayakan modul praktikum biologi berbasis keterampilan sains untuk kelas X MA/SMA di MAS Mawaridussalam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tahapan penelitian dibagi menjadi tujuh, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain produk, validasi dan uji coba terbatas, revisi hasil uji lapangan terbatas, uji produk secara luas, dan revisi hasil uji lapangan lebih luas. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi materi, media, dan tafsir Al Qur’an, serta angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 75% dengan kriteria layak, validasi ahli media diperoleh hasil 91,66% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli tafsir Al Qur’an diperoleh hasil 81,25% dengan kriteria sangat layak. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan ke guru biologi dan peserta didik. Pada respon guru biologi diperoleh hasil 93,75% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan diperoleh hasil 96% dinyatakan dalam kriteria sangat layak. Dengan demikian, modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024