Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Implementasi Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Cerdas Murni

Pasaribu, Devi Yani (Unknown)
Matsum, Hasan (Unknown)
Miswar, Miswar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Cerdas Murni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Adapun jenis penelitian ini ialah field research dengan model analisis deskriptif data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpanduan pada pendapat ahli, yaitu Miles & Hubberman melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai salah satu bentuk pengecekan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa SMP Cerdas Murni sudah cukup baik, hal ini terlihat dari komunikasi yang terjalin antara guru PAI dengan seluruh anggota masyarakat sekolah. Kompetensi sosial guru PAI di SMP Cerdas Murni sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 mengenai indikator kompetensi sosial guru. Melalui kompetensi sosial, terbentuklah karakter Islami pada diri siswa, yaitu religius, rendah hati, sopan santun, jujur dan peduli sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...