Pendidikan anak bukan hanya menjadi tugas guru disekolah akan tetapi peran aktif orang tua menjadi hal yang sangat penting dan utama, baik dari segi proses belajar maupun prestasi akademik, sikap, dan keterampilan, demi untuk menghasilkan anak didik yang cerdas dan berdasarkan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini untuk mengetahui peran aktif orang tua terhadap proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak usia dini. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 5 orang tua siswa TK Bina Anaprasa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Temuan peneliti menunjukkan bahwa adanya peran aktif atau partisipasi orang tua terhadap program penguatan profil pelajar Pancasila. Partisipasi orang tua terhadap program yang dijalankan berupa waktu, tenaga, hingga biaya. Terbukti dengan berjalannya kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, dan intrakurikuler membuahkan hasil yang positif. Dengan adanya partisipasi orang tua terhadap program profil pelajar Pancasila tercipta pelajar Pancasila sepanjang hayat yang berkarakter, kompeten, dan berperilaku sesuai nilai Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024