Pendidikan anak usia dini merupakan fase kritis dalam pembentukan pengembangan anak. Salah satu individu yang sangat berperan dalam pengembangan pendidikan ini adalah Ki Hadjar Dewantara, pencetus Taman Siswa yang gigih memperjuangkan akses pendidikan bagi semua anak, termasuk dari kalangan pribumi. Konstribusi beliau telah membawa perubahan besar dalam tata cara pendidikan di Indonesia. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, pendekatan Taman Indria menjadi fokus utama. Implementasi pendekatan Taman Indria menawarkan metode pembelajaran menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendekatan Taman Indria Ki Hadjar Dewantara dan implementasinya dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (Library Research), pengumpulan data yang dilakukan dengan cara meninjau dan menganalisis berbagai sumber pustaka yang sudah dipublikasikan, termasuk buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Taman Indria Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya pembelajaran berbasis alam, pengembangan keterampilan holistik, pendidikan karakter, dan integrasi lintas mata pelajaran. Dengan memanfaatkan alam sebagai sumber pembelajaran, anak-anak dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang lingkungan mereka. Model ini memberikan inspirasi bagi pendidikan anak usia dini dengan fokus pada pengembangan karakter, integrasi kurikulum, dan pengalaman belajar yang berarti di alam terbuka.
Copyrights © 2024