Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA

Ibrahim, Rizka Nur Aprilia (Unknown)
Saleh, Meylan (Unknown)
Arif, Rifda Mardian (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Metode pengajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam melibatkan siswa secara aktif, yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep sains. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Project based learning (PBL) berbantuan media Wordwall menjadi penting untuk diuji, karena memiliki potensi untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang lebih interaktif dan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Project based learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 65 Kota Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan Metode Quasi Eksperimental Design dengan desain Noneequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah Model pembelajaran Project based learning Berbantuan Media Wordwall dan variable terikat adalah Hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 65 Kota Timur. Hasil perhitungan IBM SPSS statistic 26 diperoleh nilai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 8,471 ≥ t tabel 2,028. Dapat disimpulkan H0 di tolak dan H1 di terima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project based learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 65 Kota Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...