Peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik dan menyalin penjelasan pendidik ke buku catatan. Buku paket dan buku PR matematika dari penerbit adalah sumber pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Buku-buku ini belum memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan konsep matematika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD (Bahan Ajar dan Pembelajaran) yang sah, praktis, dan efektif berdasarkan teori belajar konstruktivisme, dilengkapi dengan mind map, untuk digunakan di kelas VII di MTsN 8 Agam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang memanfaatkan paradigma pengembangan Sugiyono. Sampel yang digunkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 8 Agam, yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dengan instruktur dan peserta didik di MTsN 8 Agam. Pendekatan pengembangan Sugiono terdiri dari enam tahap: identifikasi kemungkinan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, penyempurnaan desain, dan pengujian produk. LKPD tersebut divalidasi oleh tiga validator dan kemudian diubah berdasarkan komentar mereka. Uji praktikalitas dinilai dengan angket respons peserta didik, sedangkan uji efektivitas dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil kajian pengembangan yang telah dilakukan, LKPD ini telah mencapai tingkat kevalidan sebesar 81% yang berarti tingkat kevalidannya sangat tinggi. Tingkat kepraktisan LKPD ini sebesar 88,69% yang berarti telah memenuhi syarat sangat praktis. Selain itu, LKPD ini telah terbukti sangat efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 83,87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika berbasis Teori Belajar Konstruktivisme dengan penerapan Mind Map dalam Pembelajaran Matematika kelas VII MTsN 8 AGAM dinyatakan sahih, praktis, dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024