Konsep siaran citizen journalism Suara Surabaya dengan tagline News, Interaktif, Solutif berfokus pada keterlibatan khalayak dalam proses produksi berita. Konsep siaran one to many akhirnya berubah menjadi many to many didukung plaform digital yang semakin memudahkan khalayak berpartisipasi. Tingginya loyalitas khalayak terlihat pada tingginya jumlah pengikut dan interaksinya pada platform digital media sosial Suara Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi konvergensi media penyiaran menempatkan khalayak sebagai digital labor melalui bisnis penyiaran dengan konsep citizen journalism. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta kajian literatur. Hasil penelitian  menunjukkan adanya fenomena unpaid labor dalam model siaran dengan konsep jurnalis warga karena melibatkan netizen sebagai pekerja yang tidak dibayar sehingga menghasilkan surplus value dan akumulasi modal. Khalayak sebagai pekerja melakukan pekerjaanya dengan sukarela tanpa keterpaksaan, melakukan dengan kesenangan menggunakan waktu luang dan waktu ber-senang-senang yang merupakan permainan kapitalisme yang tersembunyi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023