Menyematkan prinsip-prinsip kewirausahaan pada anak memiliki signifikansi yang besar. Sekolah Alam Babel mengadakan kegiatan market day sebagai bagian dari program "Pengusaha Kecil," yang bertujuan mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak-anak sejak usia dini. Fokus kegiatan ini bukan hanya pada market day, melainkan juga melibatkan anak-anak dalam persiapan, pengemasan produk, dan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkap kondisi nyata dalam meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan melalui kegiatan market day di Sekolah Alam Babel. Hasil kegiatan market day dapat dijadikan sebagai sarana penanaman nilai-nilai kewirausahaan sejak dini setelah lulus mereka bukan lagi pencarikerja, melainkan membuka lapangan pekerjaan. Tentu saja, dengan menerapkan metode yang simpel dan mudah dimengerti oleh anak-anak, ini mencakup market day, yang melibatkan beberapa langkah, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, persiapan kegiatan, pelaksanaan, hingga penilaian dan evaluasi. Tahapan market day, ditekankan pula pengembangan nilai-nilai kewirausahaan seperti kemandirian, sikap kreatif, nilai kepemimpinan, dan kemauan untuk mengambil risiko, kemampuan kerja nyata dan pekerja keras.
Copyrights © 2024