JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 9, No 2 (2024): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan Game Edukasi Berbasis Website untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA

Wulandari, Asyifa (Unknown)
Rafianti, Isna (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Pamungkas, Aan Subhan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran matematika memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Maka inovasi media pembelajaran yang efektif seperti game edukasi berbasis website untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMA sangat perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian  Research and Development dengan model ADDIE dengan subjek penelitian 4 orang guru sebagai ahli materi dan media serta 33 orang siswa sebagai responden. Hasil penilaian kelayakan oleh validator menunjukkan bahwa media mendapat penilaian masing-masing 89,64% oleh ahli materi dan 94,10% oleh ahli Media, keduanya masuk dalam kategori sangat efektif. Hasil tes menunjukkan rata-rata skor pre-test sebesar 43 dan rata-rata skor post-test sebesar 87. Hal ini menunjukkan bahwa  pemahaman responden mengalami peningkatan. Data kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain yang menghasilkan persentase 75,96% dan skor N-gain 0,76. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa media game pembelajaran matematika berbasis website ini  efektif dalam meningkatkan pengetahuan konsep matematika siswa SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...