Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah validator yang memberi respon terhadap penggunaan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan dan instrumen berupa lembar validasi media. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menghasilkan sebuah video pembelajaran sparkol videoscribe. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi Aiken’s V dan reliabilitas menggunakan intraclass correlation coefficients. Hasil validasi video pembelajaran diperoleh Vhitung Aiken’s 0,80 sama dengan kriteria kevalidan minimum Vtabel Aiken’s yaitu 0,80 dengan kategori valid dan tingkat reliabilitas diperoleh rhitung 0,773 > rtabel 0,514 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, media yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga media ini dapat diuji coba lebih lanjut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024