Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 7 No. 1 (2024): JPPSI, April 2024

Pengembangan Video Pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe pada Materi Pencemaran Lingkungan

Afandi (Unknown)
Wahyuni, Eko Sri (Unknown)
Lazuardi, Raden (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah validator yang memberi respon terhadap penggunaan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan dan instrumen berupa lembar validasi media. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menghasilkan sebuah video pembelajaran sparkol videoscribe. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi Aiken’s V dan reliabilitas menggunakan intraclass correlation coefficients. Hasil validasi video pembelajaran diperoleh Vhitung Aiken’s 0,80 sama dengan kriteria kevalidan minimum Vtabel Aiken’s yaitu 0,80 dengan kategori valid dan tingkat reliabilitas diperoleh rhitung 0,773 > rtabel 0,514 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, media yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga media ini dapat diuji coba lebih lanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...