JURNAL CURERE
Vol 8, No 1 (2024): Vol 8, No 1 Tahun 2024 : (Jurnal Curere)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DAN DAMPAK PERUNDUNGAN DI KELAS V SD 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

Susanti, Dewi Afriany (Unknown)
Jainab, Jainab (Unknown)
Lisnasari, Srie Faizah (Unknown)
Datten, Datten (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perundungan di sekolah dasar dan mengukur dampaknya, penelitian ini berupaya memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pencegahan. Metode penelitian yang akan diimplementasikan mencakup studi literatur untuk memahami konseptualisasi perundungan, pengembangan angket skala Likert yang mencakup faktor-faktor perundungan dan dampaknya, dan pengumpulan data melalui distribusi angket serta wawancara mendalam. Analisis data dengan metode statistik diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor krusial perundungan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada Dinamika hubungan antar-siswa, terdapat jenis intimidasi secara fisik terjadi sebesar 15%, verbal 20% dan sosial 10%. Pada poin peran guru dan pengawas sekolah terdapat kepercayaan terhadap kemampuan guru megidentifikasi perundungan 3,5 dari 5, kepercayaan siswa untuk melaporkan perundungan kepada guru sebesar 75%. Skor rata-rata kepuasan siswa terhadap budaya sekolah: 4,2 dari 5. Jumlah program pencegahan perundungan yang diimplementasikan di sekolah sebanyak 3. Siswa yang mengakui terpengaruh perilaku di media sosial terkait perundungan: 30%. Siswa yang menyatakan tren perilaku di luar sekolah memengaruhi lingkungan kelas: 25%. Korelasi antara dinamika hubungan antar-siswa dan tingkat keparahan perundungan: 0,65 (p < 0,01), dengan kontribusi dinamika sebesar 45%. Dampak Psikologis: Persentase siswa yang mengalami penurunan motivasi belajar: 18%, Skor rata-rata gangguan mental pada siswa: 2,8 dari 5. Dampak Akademis: Siswa yang mengalami penurunan nilai akademis: 12%. Skor rata-rata keberhasilan akademis siswa: 7,2 dari 10.Kesimpulan penelitian ini, tingkat perundungan yang dialami cukup tinggi, dinamika antar-siswa merupakan faktor yang paling dominan memengaruhi tingkat perundungan, peran guru dan pengawas kelas, penting dalam mencegah perundungan dan faktor-faktor eksternal seperti pengaruh perilaku di media sosial dan tren perilaku di luar sekolah memengaruhi tingkat perundungan. Perundungan dapat berdampak negatif terhadap psikologis dan akademis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...