JURNAL CURERE
Vol 8, No 1 (2024): Vol 8, No 1 Tahun 2024 : (Jurnal Curere)

PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MEDIA APLIKASI KINEMASTER ERASOCIETY 5.0 DI SDN 064992 MEDAN AMPLAS

Tamba, Nurhanifa (Unknown)
Mariani, Mariani (Unknown)
Tamba, Kharisma Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Semua aspek kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi saat ini. Dalam dunia pendidikan, peran ICT (Information and Communication Technology) sangat besar dari segi manfaat dan kelebihan yang ditawarkannya, seperti kemudahan akses ke pendidikan dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara guru dan siswa. Kinemaster adalah aplikasi penyuntingan video berbasis perangkat bergerak yang memiliki konsep bebas digunakan atau berlangganan untuk dukungan teknis. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar aspek kognitif mengalami perbedaan rata-rata nilai pretest sebesar 59,30 dan posttest sebesar 85,28. Hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 25,98. Hasil uji t yang diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,269 >1,688 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, jadi dengan menggunakan video pembelajaran dengan alat bantu kinemaster dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi betapa pentingnya kehadiran teknologi yang sesuai dengan era masyarakat 5.0 dalam dunia pendidikan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...