Tadbir Muwahhid
Vol. 8 No. 1 (2024): Tadbir Muwahhid

Upaya Konstruktif terhadap Problematika Kelembagaan Pendidikan Islam di Indonesia

Istikomah (Unknown)
Adawiyah, Rabiatul (Unknown)
Bahri, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep Lembaga Pendidikan Islam (pesantren, madrasah, maupun sekolah Islam swasta) dan menganalisa berbagai persoalan yang hingga saat ini masih membelenggu di sekolah Islam. Berdasarkan hasil studi, tujuan pendidikan Islam pada hakekatnya untuk memanusiakan manusia-menjadi kholifah fil ardh dalam rangka memakmurkan alam semesta. Dalam perspektif Islam manusia secara alamiah dilahirkan dengan fitrah dan potensi. Karena itu Lembaga Pendidikan hadir untuk mengembangkan potensi tersebut baik dimensi akademis, spiritual, serta responsif terhadap perkembangan zaman. Adapun problematika kelembagaan Islam dapat dipetakan pada 2 dimensi besar. Pertama, dimensi internal menyangkut lemahnya visi-misi, kurikulum overload, SDM pendidik yang kurang kompeten, rendahnya daya saing lulusan, dan tidak adanya atau tidak berfungsinya komite sekolah. Adapun dimensi eksternal berhubungan erat dengan politik negara atau dualisme payung kelembagaan negara dan stigma buruk masyarakat. Karena itu upaya konstruktif terhadap persoalan-persolan tersebut ditawarkan dalam makalah ini guna meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Islam yang berdaya saing unggul. Hal ini secara signifikan dapat membangun kualitas sekaligus citra lembaga pendidikan Islam pada gilirannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JTM

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being ...