Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika

Peninjauan Motivasi Belajar Pada Siswa Full Day School di SDIT Insan Kamil Kota Bima

Fatimah, Fatimah (Unknown)
Suswati, Lis (Unknown)
Ainulyaqin, Ainulyaqin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Motivasi belajar sangat diperlukan bagi seorang siswa, sebab dengan adanya motivasi maka siswa akan lebih giat belajar dan diharapkan dapat memiliki prestasi yang tinggi. Kebijakan full day school yang diterapkan di berbagai sekolah menyebabkan siswa harus belajar sehari penuh dan dikhawatirkan mengalami kelelahan sehingga motivasi belajarnya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar motivasi belajar pada siswa full day school di SDIT Insan Kamil Kota Bima. Sampel penelitian sebanyak 224 orang siswa, terdiri dari 126 siswa laki-laki dan 98 siswi perempuan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, selanjutnya data yang didapat dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar siswa full day school tergolong sedang. Ditinjau dari jenis kelamin, motivasi belajar siswa laki laki tergolong sedang, dan motivasi belajar siswi perempuan juga tergolong sedang. Ditinjau dari nilai rata-rata, siswa laki-laki memiliki tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswi perempuan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...