Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika

Peningkatan Hasil Belajar melalui Quantum learning terintgrasi Model Problem Based Learning Kelas VIII IPA di SMPIT Insan Kamil Kota Bima

Subhan, Muhammad (Unknown)
Yus'iran, Yus'iran (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa adalah tujuan dari setiap proses pendidikan. Langkah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran memerlukan strategi dan metode yang diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah proses perbaikan hasil belajar siswa di SMPIT Insan Kamil Kota Bima dengan menggunakan strategi Quantum Learning untuk melihat cara belajar siswa dan diintegrasikan dengan model Problem based Learning untuk melihat kreativitas berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Peningkatan Hasil belajar siswa dinilai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Data diperoleh dari hasil observasi yang melibatkan dua observer dan evaluasi menggunakan tes berupa soal objektif dan data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Rata-rata pengetahuan siswa sebelum dilakukan pengukuran 65,41, pada siklus I rata-rata pengetahuan siswa meningkat menjadi 74,71 dan 79,04 pada siklus II. Keterampilan siswa sebelum tindakan rata-rata adalah 76,62, setelah dilakukan tindakan rata-rata keterampilan pada siklus I mencapai 78,26 dan pada siklus II nilai keterampilan siswa sebesar 80,04. Nilai sikap sebelum bertindak sebesar 79,43, pada siklus I sebesar 79,51 dan pada siklus II sebesar 81,11. Keseluruhan hasil penelitian yang dicapai menunjukkan peningkatannya hasil belajar tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 7%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...