Peningkatan hasil belajar siswa adalah tujuan dari setiap proses pendidikan. Langkah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran memerlukan strategi dan metode yang diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah proses perbaikan hasil belajar siswa di SMPIT Insan Kamil Kota Bima dengan menggunakan strategi Quantum Learning untuk melihat cara belajar siswa dan diintegrasikan dengan model Problem based Learning untuk melihat kreativitas berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Peningkatan Hasil belajar siswa dinilai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Data diperoleh dari hasil observasi yang melibatkan dua observer dan evaluasi menggunakan tes berupa soal objektif dan data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Rata-rata pengetahuan siswa sebelum dilakukan pengukuran 65,41, pada siklus I rata-rata pengetahuan siswa meningkat menjadi 74,71 dan 79,04 pada siklus II. Keterampilan siswa sebelum tindakan rata-rata adalah 76,62, setelah dilakukan tindakan rata-rata keterampilan pada siklus I mencapai 78,26 dan pada siklus II nilai keterampilan siswa sebesar 80,04. Nilai sikap sebelum bertindak sebesar 79,43, pada siklus I sebesar 79,51 dan pada siklus II sebesar 81,11. Keseluruhan hasil penelitian yang dicapai menunjukkan peningkatannya hasil belajar tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 7%
Copyrights © 2023