Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 3 No. 7 (2023)

STUDI LITERATUR: DAMPAK KERAGAMAN LITERASI DASAR BERBASIS PENDEKATAN TARL SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Melinia Dewi, Vera (Unknown)
Darmawan, Puguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) sebagai pendekatan yang berpusat pada tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik, bukan pada tingkat kelas atau usia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran TaRL dalam keragaman literasi dasar sebagai pemenuhan kurikulum di Sekolah Dasar. Guru sebagai mediator pembelajaran yang memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik. Penerapan TaRL sebagai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan studi literatur yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir yakni 2020 hingga 2024. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di Sekolah Dasar. Objek penelitian ini keragaman literasi peserta didik. Berdasarkan hasil studi literatur bahwa pendekatan TaRL pada proses pembelajaran diketahui mampu meningkatkan literasi dasar peserta didik sebagai pemenuhan kebutuhan kurikulum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...