Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 3 No. 7 (2023)

STUDI LITERATUR: PEMENUHAN KEBUTUHAN KURIKULUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DI SEKOLAH DASAR

Hidayah, Farihatul (Unknown)
Darmawan, Puguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Agar anak dapat mencapai potensi maksimalnya sebagai individu dan anggota masyarakat yang berkontribusi, pendidikan harus menyalurkan kemampuan bawaannya ke arah yang benar. Salah satu cara untuk membantu generasi muda menemukan jati diri mereka adalah melalui pendidikan yang berpusat pada siswa dan emansipatoris. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan pustaka untuk menjawab tuntutan kurikuler di sekolah dasar dengan menggunakan strategi Culturally Responsive Teaching (CRT). Dari studi literatur diperoleh data penelitian sebagai berikut: 1) Penggunaan metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sebagai berikut: Tiga komponen utama pendekatan ini adalah a) aspek kognitif, b) aspek afektif, dan c) aspek psikomotorik. 2) meningkatkan berpikir kritis peserta didik, dengan peserta didik merasa antusias dan memberi tanggapan pada materi yang diajarkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...