Agar anak dapat mencapai potensi maksimalnya sebagai individu dan anggota masyarakat yang berkontribusi, pendidikan harus menyalurkan kemampuan bawaannya ke arah yang benar. Salah satu cara untuk membantu generasi muda menemukan jati diri mereka adalah melalui pendidikan yang berpusat pada siswa dan emansipatoris. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan pustaka untuk menjawab tuntutan kurikuler di sekolah dasar dengan menggunakan strategi Culturally Responsive Teaching (CRT). Dari studi literatur diperoleh data penelitian sebagai berikut: 1) Penggunaan metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sebagai berikut: Tiga komponen utama pendekatan ini adalah a) aspek kognitif, b) aspek afektif, dan c) aspek psikomotorik. 2) meningkatkan berpikir kritis peserta didik, dengan peserta didik merasa antusias dan memberi tanggapan pada materi yang diajarkan.
Copyrights © 2023