Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 3 No. 9 (2023)

ANALISIS RELEVANSI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DENGAN KONSEP VISI PEDAGOGIK KI HAJAR DEWANTARA

Dea Lean Arsy Rosyah (Unknown)
Puguh Darmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk menganalisis relevansi dari implikasi pembelajaran diferensiasi pada Kurikulum Merdeka dengan mengacu pada konsep visi pedagogik Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara, sebagai tokoh pendidikan Indonesia, memiliki visi inklusif yang menekankan pentingnya pengakuan dan penghargaan terhadap keberagaman individu dalam proses pembelajaran. Dalam konteks Kurikulum Merdeka yang menekankan belajar secara mandiri dan berpusat pada peserta didik, penting untuk mengevaluasi sejauh mana pendekatan pembelajaran diferensiasi sesuai dengan visi pedaogik Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur untuk mengeksplorasi relevansi antara prinsip-prinsip pembelajaran diferensiasi dan nilai-nilai yang dijunjung oleh Ki Hajar Dewantara, serta untuk mengidentifikasi implikasi praktisnya dalam konteks pembelajaran diferensiasi dan visi Ki Hajar Dewantara, khususnya dalam hal pengakuan terhadap keunikan individu, inklusivitas, dan pemberdayaan siswa dalam proses belajar. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran diferensiasi secara efektif dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...