Penelitian memiliki tujuan guna memberikan kontribusi dalam melestarikan budaya musik tradisional Indonesia, serta memberikan alternatif pendidikan musik yang menarik dan efektif bagi para siswa SD kelas.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian D&D dengan model ADDIE. Populasinya semua murid SD dan guru yang mengajarkan seni musik pada Kelas 5 SDN Penjaringan 01 serta partisipannya para murid kelas VB dan para guru seni musik.SDN Penjaringan 01 Pagi. Selain itu, instrumen yang dipakai untuk menghimpun data ialah angket,interviu,dan studi dokumentasi. Dengan merujuk hasil penelitian, diketahui:Sebanyak 85,7% siswa menilai tampilan e-angklung sangat menarik,100% siswa menilai e-angklung sangat mudah diakses,81% siswa menilai e-angklung bermanfaat,85,7% siswa menilai e-angklung sangat bermanfaat,85,7% siswa menilai e-angklung membuat mereka tertarik belajar musik,85,7% siswa menilai bahasa dalam e-angklung sangat memudahkan dan dengan menggunakan medium pembelajaran berbasis ICT ini, siswa dapat lebih mudah belajar dan berlatih bermain angklung, sehingga meningkatkan minat dan keterampilan mereka dalam musik khususnya musik tradisional Indonesia.Selain itu, ihwal ini merepresentasikan potensi teknologi dalam mendukung pendidikan seni dan budaya di sekolah dasar.
Copyrights © 2024