Jurnal CARE
Vol. 12 No. 1 (2024): Juli

Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter Religius dengan Pendekatan Konstruktivisme

Umam, Nasrul (Unknown)
Baro'ah, Siti (Unknown)
Putri, Devi Emilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada satuan pendidikan anak usia dini dijadikan sebagai penciri khas khususnya yang berbasis Islam. Saat ini bahasa Arab tidak tercantum secara jelas pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi satuan pendidikan di samping beberapa tenaga pendidik masih belum menguasai. Penelitian ini bertujuan menyajikan potret pembelajaran bahasa Arab anak usia dini menggunakan pendekatan konstrustivisme berbasis karakter religius. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka. Sumber data primer pada penelitian ini adalah artikel jurnal terkait dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Data sekunder bersumber dari artikel jurnal dan buku-buku yang relevan. Kemudian data dianalisis dengan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan konsep dasar pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran adalah memposisikan bahwa anak sebelum belajar sudah mempunyai bangunan pengetahuan untuk dikembangkan selanjutnya. Guru harus memberi stimulasi dan apresiasi atas pencapaian siswa. Di samping itu, intenalisasi karakter religius dilakukan oleh guru dengan tahapan knowing the good, loving the good, dan acting the good. Hasil penelitian ini berimplikasi kepada pentingnya pembelajaran bahasa Arab anak usia dini dalam rangka pembentukan karakter religius. Selain itu, hasil penelitian ini menjadi salah satu referensi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...