Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 1 (2023): NOVEMBER

LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PMRI KONTEKS MONPERA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Supratik (Unknown)
Zulkardi (Unknown)
Ely Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa dalam konteks materi perbandingan trigonometri dengan menerapkan  PMRI (Pendidikan Matematika Realistis Indonesia) dan menggunakan Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) sebagai konteksnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 22 Palembang. Proses penelitian terstruktur dalam tiga tahap, mencakup persiapan, pelaksanaan, dan analisis data hasil penelitian,dengan penggunaan indikator sebagai alat ukur untuk mengevaluasi kemampuan literasi matematika siswa,yang pertama adalah dalam menggambarkan situasi dunia nyata dengan menggunakan bahasa matematika, kemudian menerapkan konsep matematika untuk memecahkan masalah, dan akhirnya menilai kecocokan dan relevansi hasil matematika yang ditemukan dalam konteks tersebut. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi lebih terampil dalam literasi matematika, terutama dalam menggambarkan situasi dunia nyata, menerapkan konsep matematika, dan menilai hasil matematika dibandingkan  siswa dengan  kemampuan sedang atau rendah. Kata Kunci: Konteks MONPERA,literasi, perbandingan trigonometri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...