El-Fakhru : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2023): el-Fakhru

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKN 5 MAJENE

Rahmat Kurniawan (Unknown)
siti khumairah fikrillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik SMKN 5 Majene, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat starategi guru dalam membentuk kedisiplinan SMKN 5 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik adalah membimbing dan mengarahkan perilaku peserta didik ke arah positif, memperlihatkan perilaku disiplin yang baik pada peserta didik, mengawasi seluruh perilaku peserta didik , mengendalikan seluruh perilaku peserta didik , dan memberikan hukuman atau ganjaran yang sifatnya membangun. Adapun faktor penghambat guru yaitu terdiri faktor internal (kurangya kesadaran diri peserta didik) dan faktor eksternal (keluarga, sekolah, dan masyarakat). Sedangkan faktor pendukung guru yaitu perlunya kerjasama antar sesama guru dan personil disekolah dan kerja sama antara guru dengan orang tua peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elfakhru

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

El-Fakhru : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam menerbitkan naskah akademik pada pengajaran Pendidikan Agama Islam dan Studi Pendidikan Islam baik dalam konteks Bahasa Indonesia maupun internasional dengan perspektif multi disiplin : khususnya dalam tradisi keilmuan Islam klasik, studi pendidikan dan ...