Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam memingkatkan keberanian siswa untuk bertanya di sekolah dasar sebagai berikut: (1) Memberikan motivasi (berupa memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, memberikan respon positif atas pertanyaan yang diajukan siswa), (2) Memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Prinsip-prinsip penggunaan strategi menjadi bahan perhatian guru dalam menentukan suatu strategi yang akan diterapkan yaitu berorientasi pada tujuan, aktivitas dan Individualitas. Dengan strategi-strategi yang telah digunakan oleh guru dapat meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya terlihat pada keberanian menatap wajah guru saat mengajukan pertanyaan, kepercayaan diri untuk memulai pertanyaan pada guru, dan berani meminta penjelasan ulang atas sesuatu yang belum dipahami.
Copyrights © 2024