Curtina
Vol 5 No 1 (2024)

METODE PIECES FRAMEWORK UNTUK MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

Mu'is, Abdul (Unknown)
Agustina, Salma (Unknown)
Mahmudi, A. Aviv (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Sebuah perpustakaan perlu memanfaatkan sistem informasi, dikarenakan dengan memanfaatkan sistem informasi tersebut dapat membantu dalam kegiatan operasional dalam sehari-hari. Sistem informasi sendiri terdapat komponen-komponen yang saling terkoneksi satu sama lain yang bertujuan untuk meraih cita-cita atau keinginan bersama. Sistem informasi perpustakaan bertujuan untuk mempermudah dalam hal pencatatan, pemantauan, dan juga bisa penyimpanan data-data yang terdapat pada perpustakaan yang dikelola. Menilai hasil sistem berkerja dengan baik atau tidaknya perlu dilakukan analisis, dalam menganalisis sistem perlu dilakukan untuk tujuan dapat melihat berbagai kriteria permasalahan-permasalahan yang di alami sistem tersebut. Untuk menganalisa sistem perlu menggunakan prosedur atau metode tertentu untuk membantu menyelesaikan tahapan analisis. Dengan menggunakan metode PIECES ini bisa menjadi referensi untuk menganalisa, dan menilai seberapa besar dampak dari sistem yang sudah dibuat. PIECES hasil yang diteliti menujukan sistem informasi perpustakaan memiliki kriteria PIECES Performance = 3,8, Information & Data = 4,3, Economic = 4,3 Control = 2,9 Efficiency = 3,5 Service =3,63. Yang jika disimpulkan sistem informasi perpustakaan di Universitas YPPI Rembang dapat dikategorikan hasil tingkat kepuasan pengguna menunjukan SETUJU.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

curtina

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Curtina adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, yang terbit setahun dua kali pada bulan Desember dan Juli. Curtina memiliki bidang penelitian ilmu Komputer atau Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Decision Support System, Data Mining, Interfacing ...