E-Commerce adalah aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet serta transaksi melalui transfer uang secara digital. Salah satu contoh dari E-Commerce itu sendiri adalah penyedia layanan jasa pesan antar makanan. Layanan pesan antar makanan saat ini sedang banyak digunakan masyarakat. Dengan adanya layanan pesan antar makanan, memudahkan konsumen dalam memperoleh makanan. Beberapa layanan pesan antar makanan yang saat ini banyak digunakan, antara lain GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Ketiga pengguna aplikasi tersebut masih sering mengalami kendala saat menggunakannya. Pada penggunaanya terdapat kendala yang mengarah pada permasalahan kualitas sistem dan layanan pada aplikasi. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui perbandingan hasil evaluasi user experience pada ketiga aplikasi tersebut dengan menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) dan pengujian Anova. UEQ sendiri memiliki 26 item pertanyaan berdasarkan enam faktor, yaitu Attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation, dan novelty. Sedangkan, uji Anova digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata antar grup. Hasil dari pengujian UEQ pada aplikasi GoFood mendapatkan nilai >0.8 disetiap skala penelitian. Sedangkan, untuk aplikasi GrabFood dan ShopeeFood mendapat nilai >0.8 dikelima skala penelitian. Kecuali skala kebaruan, GrabFood mendapatkan nilai 0.7 dan ShopeeFood mendapatkan nilai 0.3. Kemudian, pada pengujian Anova yang dilakukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk ketiga layanan pesan antar GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Hal ini dikarenakan, hasil dari nilai sig pada pengujian >0.05.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023