PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) adalah badan perusahaan milik negara yang bertanggung jawab melayani pendistribusian listrik di Indonesia. Listrik merupakan salah satu faktor kebutuhan pentung untuk menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga perlu diperhatikan betul pelayanannya. Pelanggan listrik yang masih berlanggan dengan metode pascabayar atau tidak menggunakan token listrik harus ditagih setiap bulannya untuk menjaga dana operasional PLN. Namun dengan adanya permasalahan tunggakan yang dihadapi oleh perusahaan maka PLN harus berinovasi menyajikan pelayanan yang lebih baik dan efisien. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah user experience aplikasi Android yang dapat memonitor tunggakan pelanggan listrik pascabayar PT. PLN yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan para pegawai penagihan tunggakan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Human-Centered Design untuk perancangan aplikasi, serta menggunakan Usability Testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk pengujian. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan user experience yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat dipahami dan digunakan dengan mudah oleh pengguna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023