Dalam survei PISA, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara dalam angka literasi baca. Pemerintah Indonesia berusaha meningkatkan literasi baca melalui aplikasi iPusnas, sebuah perpustakaan digital gratis. Namun, sejak peluncurannya pada tahun 2016, iPusnas belum mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi fitur maupun desain UI & UX.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui aplikasi iPusnas dengan menerapkan inovasi, khususnya konsep gamifikasi. Meskipun iPusnas telah menggunakan konsep gamifikasi pada status pengguna/level, belum ada tujuan atau manfaat yang jelas. Hasil kuesioner kepada 50 responden menunjukkan bahwa 30 responden sangat setuju dengan pengembangan iPusnas yang menerapkan elemen gamifikasi.Proses perancangan aplikasi ini menggunakan metode Design Thinking dan Player-Centered Design (PCD). Hasilnya adalah prototype iPusnas dengan penerapan elemen gamifikasi. Usability prototype diuji dengan skor akhir 75 melalui Maze dengan 32 tester.Pengujian lain menunjukkan peningkatan skor kegunaan System Usability Scale (SUS) sebesar 0,5 dan peningkatan 6% dalam Net Promoter Score (NPS) dibandingkan dengan iPusnas saat ini. Setelah pengujian, dilakukan iterasi berdasarkan umpan balik pengguna, termasuk perbaikan desain prototype, peningkatan UX writing, dan penambahan fitur baru. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi baca di Indonesia melalui iPusnas yang lebih inovatif dan berdaya tarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023