Popularitas media sosial yang meningkat telah memicu pertumbuhan pesat dalam fotografi dan videografi sebagai hobi dan peluang bisnis. Aceh Camera, sebuah UMKM di Kota Banda Aceh, telah berhasil mengelola 200-300 transaksi per bulan melalui sistem penyewaan manual menggunakan Whatsapp. Namun, kendala seperti ketidakmampuan pelanggan untuk memeriksa ketersediaan alat di luar jam kerja menjadi tantangan yang perlu diatasi. Sebagai solusi, Aceh Camera berencana mengubah sistem penyewaan menjadi online melalui website. Penelitian ini, menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), bertujuan untuk memahami karakteristik pengguna dan menentukan fungsionalitas yang dibutuhkan untuk website, serta mengetahui sejauh mana nilai usability prototipe. Karakteristik pengguna ditemukan terbagi menjadi dua jenis, yaitu pelanggan publik dan pelanggan loyal. Uji usability dengan 10 tugas menunjukkan efektivitas prototipe website sebesar 88% ± 12%. Terkait efisiensi, pelanggan publik paling cepat menyelesaikan tugas kode T10 10 dalam 10 detik ± 3 detik, sedangkan pelanggan loyal paling cepat menyelesaikan tugas kode T9 dalam 10 detik ± 6 detik. Kedua jenis pelanggan paling lama menyelesaikan kode tugas T7, yaitu 88 detik ± 24 detik. Skor kepuasan pengguna, diukur dengan System Usability Scale (SUS), mencapai 83,75 ± 8,85 untuk pelanggan publik dan 81,25 ± 10,33 untuk pelanggan loyal.
Copyrights © 2024