Perilaku konsumtif merupakan salah satu permasalahan yang rentan terjadi pada mahasiswa. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan e-money, gaya hidup, dan literasi keuangan. Untuk menghindari permasalahan tersebut, mahasiswa perlu mengelola keuangan dengan baik, salah satunya dengan melakukan pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan kepada 57 mahasiswa FILKOM UB, hanya 12,7% mahasiswa yang melakukan pencatatan keuangan setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sulitnya mencatat secara manual, sering lupa mencatat, dan rumitnya alur serta tampilan aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui karakteristik calon pengguna, keluhan serta harapan guna merancang sebuah aplikasi pengelola keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan sulitnya melakukan pencatatan secara manual maupun dengan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang diharapkan dapat membantu menggali dan menjawab kebutuhan pengguna. Hasil akhir penelitian ini berupa desain solusi dalam bentuk high-fidelity prototype yang kemudian digunakan untuk usability testing. Terdapat tiga aspek uji, yaitu efektivitas dengan hasil 88%, efisiensi dengan 0,090 goals/second , dan kepuasan dengan skor 93 Â menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui nilai confidence interval 95% yang diyakini dapat mencakup nilai populasi yang sebenarnya.
Copyrights © 2024