Aplikasi pembelajaran adalah opsi praktis media belajar untuk digunakan pada sebuah perangkat mobile. Selama pandemi COVID-19, jumlah pengguna aplikasi pembelajaran melonjak pesat karena fasilitas pembelajaran tradisional mengalami pembatasan sosial. Adanya peningkatan jumlah pengguna dapat memberi kesempatan bagi pemilik aplikasi untuk meningkatkan kualitasnya. Terlebih dahulu, evaluasi kualitas aplikasi dilakukan untuk menentukan kualitas aplikasi saat ini. Salah satu aplikasi pembelajaran seperti Sololearn tentu memiliki ulasan komentar pengguna tentang hasil penggunaan aplikasi. Komentar pengguna yang bersentimen positif atau negatif dinilai memiliki informasi berguna untuk mengevaluasi kualitas aplikasi. Oleh karena itu, informasi kualitas beserta sentimennya digali dalam teks ulasan mengikuti panduan ISO/IEC 25010 pada domain Quality in Use. Panduan ini memberikan definisi penilaian aplikasi dari sisi pengguna, dengan karakteristik satisfaction dan freedom from risk adalah aspek yang diangkat dalam penelitian ini. Proses analisis sentimen menggunakan metode lexicon-based SentiWordNet menghasilkan nilai akurasi 77%. Kemudian hasil klasifikasi data ulasan Sololearn pada tahun 2022, jumlah sentimen positif dan negatif pada karakteristik satisfaction adalah 93% positif dan 7% negatif. Sedangkan kelas freedom from risk memiliki sentimen positif 64% dan negatif 36%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024