Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 3 (2024): Maret 2024

Konsep-Konsep yang Berhubungan dengan Penguasaan Keterampilan Mengajar dalam Mata Kuliah Microteaching oleh Mahasiswa Calon Guru Teknologi Informasi

Fitriana, Allisa Nahla (Unknown)
Herlambang, Admaja Dwi (Unknown)
Rachmadi, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat menemukan konsep-konsep yang berhubungan dengan penguasaan keterampilan mengajar pada mata kuliah microteaching oleh mahasiswa calon guru teknologi Informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory yang bertujuan menemukan konsep-konsep penguasaan keterampilan mengajar pada mata kuliah microteaching oleh mahasiswa calon guru teknologi informasi, dengan populasi mahasiswa aktif yang telah menempuh mata kuliah microteaching pada program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan dipilih sample 6 mahasiswa aktif angkatan 2020 program studi Pendidikan Teknologi Informasi dengan teknik random sampling sample serta melakukan wawancara kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan informasi – informasi penting terkait konsep yang berhubungan dengan penguasaan keterampilan mengajar. Hasil dari pengumpulan data yang telah dilakukan melalui wawancara dengan 6 informan yang merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Teknologi Informasi ditemukan tiga konsep yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa aspek yang berhubungan dengan penguasaan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru teknologi Informasi. Konsep yang ditemukan antara lain, aspek internal mahasiswa, kesesuaian cara mengajar dosen, dan upaya mandiri mahasiswa. Konsep – konsep yang ditemukan memiliki pengaruhnya masing – masing terhadap penguasaan keterampilan mengajar. Dengan aspek internal yang dimiliki, dapat membantu mahasiswa memberikan performa baik dalam mengajar, selain itu kesesuaian cara mengajar yang diterapkan oleh dosen memberikan kemudahan belajar untuk mahasiswa serta menuntut kemandirian dan keaktifan mahasiswa sehingga terdapat banyak hal yang dapat dilatih guna meningkatkan keterampilan mengajar. Selain dari pembelajaran yang dilaksanakan ketika perkuliahan, mahasiswa juga dapat melakukan belajar mandiri diluar waktu pembelajaran guna mengasah dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...