Perkembangan zaman yang semakin cepat dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih, kehadiran internet seolah mempermudah kehidupan manusia saat ini. Kondisi tersebut dinamakan dengan era digital, dimana ini mengubah kebiasaan manusia. Salah satu perubahan yang saat ini terjadi adalah dalam bidang periklanan, yang sebelumnya menggunakan periklanan konvensional tetapi kini berubah menjadi periklanan digital. Penggunaan iklan konvensional berbeda dengan iklan digital, dimana untuk mengubah informasi iklan konvensional perlu mencetak media baru lagi sehingga memerlukan biaya tambahan untuk setiap kali terjadinya perubahan informasi. Pada penggunaan iklan digital membutuhkan sistem untuk memanajemen informasi yang akan ditampilkan pada papan iklan digital. Penelitian ini merancang sistem berbasis web dengan nama Digisin. Pengembangan sistem ini menggunakan model pengembangan waterfall, serta Adapun beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan sistem ini, yakni melakukan studi literatur, elisitasi dan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan penarikan kesimpulan. Fitur utama dari sistem ini adalah mampu memanajemen informasi iklan digital dan dapat menampilkan pada multi layar atau multi-display. Sistem Digisin dibuat dengan memanfaatkan framework JavaScript, yakni SvelteKit. Hasil pengembangan sistem ini diuji dengan dua metode pengujian, yakni white-box testing dan black-box testing. Pada white-box testing melakukan pengujian unit dengan 3 kasus pengujian, sedangkan black-box testing melakukan pengujian validasi dengan 27 kasus pengujian. Total pengujian yang dilakukan adalah 30 kasus uji, di mana seluruh pengujian yang dilakukan menunjukkan valid.
Copyrights © 2024