Pada penelitian pengembangan yang dilakukan, menghasilkan sebuah E-Modul mata pelajaran informatika materi sistem komputer dan komponen penyusunnya sebagai sebuah media pembelajaran yang siap diujicobakan dan bisa diakses oleh peserta didik secara mandiri. Penelitian menggunakan metode Research dan Development (RnD) dengan mengadopsi model dari Borg dan Gall yang disederhanakan mendadi 4 tahapan yang terdiri dari (1) Rumusan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain. Penelitian ini didasari oleh beberapa pendidik yang belum mampu dalam menyediakan sebuah media pembelajaran untuk materi yang bersifat visualisasi nyata. Solusi yang dilakukan dengan mengembangkan sebuah E-Modul untuk membantu proses pembelajaran dalam materi yang membutuhkan objek nyata. Pengembangan E-Modul menggunakan canva, canva merupakan platform desain dan komunikasi visual online serta dilakukan validasi oleh beberapa ahli. Validasi pertama yang didapatkan dari ahli materi 1 dan 2 masing-masing mendapatkan rata-rata skor 87,5% dan 81,25% dimana keduanya berada pada kategori sangat layak. Kemudian validasi kedua dari ahli media 1 dan 2 masing-masing memperoleh rata-rata skor 79% dan 84% dimana masing-masing dipeoleh kategori layak dan sangat layak. Validasi ketiga dari ahli bahasa dengan mendapatkan rata-rata skor 76,36% dimana mendapatkan kategori layak.
Copyrights © 2024