Penelitian menemukan masalah di SMK Negeri 12 Malang yang terdapat pada keterbatasan waktu guru dalam menyampaikan materi, materi DPK yang cukup sulit, dan penggunaan e-learning yang kurang responsif. Sehingga pelaksanaan penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui pengaruh implementasi flipped classroom berbantuan Google Sites bagi keberhasilan belajar siswa mata pelajaran DPK. Melibatkan dua kelas, yaitu kelas X PPLG 1 dan 2, berjumlah total 70 siswa. Menggunakan metode eksperimen yaitu static group pretest posttest design. Instrumen penelitian mencakup modul ajar untuk pedoman materi pembelajaran, pretest dan posttest untuk mengukur ranah kognitif, lembar observasi siswa untuk mengevaluasi ranah afektif, serta lembar kerja peserta didik untuk mengukur ranah psikomotorik. Analisis statistik termasuk uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis memakai Uji Mann Whitney dan Uji Wilcoxon. Hasil uji hipotesis nilai kognitif kelas eksperimen memperlihatkan signifikansi 0,00, sementara kelas kontrol signifikansi 0,13. Hasil psikomotorik memperlihatkan signifikansi 0,00. Nilai afektif kelas eksperimen memperlihatkan signifikansi 0,44, dan kelas kontrol 0,26. Kesimpulannya model pembelajaran menggunakan flipped classroom berpotensi pengaruh pada keberhasilan belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotorik, namun ranah afektif tidak mempengaruhi.
Copyrights © 2024