Penelitian ini meneliti pengembangan sistem informasi kelulusan mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), dengan integrasi konsep gamifikasi. Fokusnya adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas proses administratif dan akademik di era teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memenuhi syarat kelulusan dengan mengadopsi pendekatan Player-Centered Design (PCD), memfokuskan pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Gamifikasi diimplementasikan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan pengguna, menggunakan elemen seperti misi dan progres. Tujuan utamanya adalah meningkatkan angka kelulusan mahasiswa FILKOM UB dan memperkaya pengalaman pengguna. Fase perancangan menghasilkan identifikasi kebutuhan sistem, definisi misi, dan motivasi yang berkontribusi pada prototipe high fidelity. Penelitian ini juga melibatkan pengujian playtesting dalam dua iterasi, menghasilkan perbaikan desain sistem. Proses ini bertujuan mengumpulkan masukan untuk penyempurnaan sistem lebih lanjut.
Copyrights © 2024