Perkembangan teknologi yang berkembang dengan begitu cepat menghantarkan perubahan signifikan termasuk pada ranah pendidikan. Penerapan pembelajaran pada era teknologi memfokuskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan menjangkau kapabilitas daya berpikir siswa. Pembelajaran yang efektif dapat terwujud apabila aspek-aspek penting terpenuhi. Kreativitas guru dalam pengembangan media merupakan aspek penting yang harus terpenuhi untuk memotivasi siswa. Terdapat salah satu platform yang dapat memacu motivasi belajar siswa yaitu Quizizz. Kegiatan wawancara yang dilakukan pada kelas X TKJ AKA dan X TKJ WU memperoleh kesimpulan bahwa metode ceramah cenderung monoton sehingga menyebabkan siswa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ AKA yang digunakan sebagai kelas kontrol dan X TKJ WU yang digunakan sebagai kelas eksperimen. Kedua kelompok tersebut nantinya akan mendapatkan perlakuan (treatment) yang berbeda. Hasil yang didapatkan pada penelitian memperlihatkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada aspek kognitif dan psikomotorik. Sebaliknya, pada motivasi belajar sebagai ranah afektif memperlihatkan tidak terdapat perbedaan pada data post kuesioner uji Independent T-test. Dengan makna lain, media pembelajaran interaktif Quizizz berpotensi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan tidak berpotensi mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024