Layanan perawatan tubuh atau klinik adalah penyedia jasa yang memberikan perawatan pada tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Klinik menggunakan alat bantu dan pengetahuan untuk menghindari kesalahan dalam perawatan tubuh. Namun masih terdapat banyak oknum klinik yang tidak benar, sehingga menimbulkan rasa ketidakpercayaan terhadap masyarakat. Dari permasalahan tersebut, dilakukan perancangan aplikasi mobile marketplace layanan perawatan tubuh untuk memberikan berbagai kemudahan dalam komunikasi dan pencarian informasi yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih klinik. Perancangan aplikasi ini melibatkan klinik di kota Malang. Dalam perancangan menggunakan pendekatan Design Thinking karena pendekatan ini dapat memahami kebutuhan manusia dengan baik sehingga mampu menciptakan inovasi baru. Dalam pengujian penelitian ini dilakukan pengujian usability dan user experience pada 10 responden sebagai evaluasi desain solusi. Pengujian usability menghasilkan nilai efektivitas 91,46%, nilai efisiensi 0,020 goals/second, dan nilai kepuasan 81,25. Kemudian terdapat pengujian user experience dengan menggunakan UEQ yang mendapatkan hasil pada skala daya tarik memiliki ratarata 1,77 dengan kategori baik, skala kejelasan memiliki ratarata 1,90 dengan kategori baik, skala efisiensi memiliki ratarata 1,30 dengan kategori diatas rata-rata, skala ketepatan memiliki rata-rata 1,65 dengan kategori baik,skala stimulasi memiliki rata-rata 1,63 dengan kategori baik, dan skala kebaruan memiliki ratarata 1,30 dengan kategori baik.
Copyrights © 2024